KEPENGURUSAN

HMJ PENDIDIKAN FISIKA PERIODE 2017/2018

Dewan Penasehat

quote's

“Selama masih dalam batas kemampuan manusia, kalau kita mau belajar pasti bisa’

PERIODE 2017/2018

DESKRIPSI

Penasehat sangat penting dalam memberikan arah kebijakan, masukan, nasehat dan pertimbangan – pertimbangan dalam suatu ide dan program  dalam pengembangan organisasi sesuai dengan AD/ ART dan Visi Misi organisasi. selain itu sebagai penampung aspirasi didalam usaha – usaha pengembangan organisasi sesuai dengan AD /ART  dan Visi Misi organisasi. 

Pengurus Inti

DESKRIPSI

quote's

“Cobalah untuk tidak menjadi orang yang sukses, tapi cobalah menjadi orang yang berharga.”

KINERJA

Pengurus Inti adalah pengurus yang mempunyai fungsi dan peran dalam pengelolaan dan pengkoordinasian organisasi HMJ Pendidikan Fisika Univesitas Pendidikan Ganesha yang terdiri atas ketua, wakil ketua, sekretaris I – sekretaris II, dan bendahara I – bendahara II. Tujuan: Untuk mengatur jalannya organisasi sehingga tercipta optimalisasi kerja pengurus HMJ Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Ganesha.

PERSENTASE

KOORDINASI 96%
KERJASAMA 76%
SUPPORT 82%

Bidang Penalaran dan Keilmuan

DESKRIPSI

quote's

“Jika kamu tidak bisa menjelaskannya secara sederhana, Kamu tidak memahaminya dengan cukup baik.”

KINERJA

Bidang HMJ Pendidikan Fisika yang bergerak dalam pengembangan penalaran dan keilmuan dengan tujuan untuk merangsang, mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara ilmiah, mendorong mahasiswa agar mengembangkan wawasan dan sikap ilmiah secara profesional. Bidang Penalaran dan keilmuan dikembangkan melalui berbagai kegiatan.

1. Seminar Pendidikan merupakan pertemuan ilmiah suatu kelompok intelektual yang dengan sistematis membahas suatu topik di bawah pimpinan seorang ahli yang berwewenang dalam bidang tersebut untuk memecahkan suatu permasalahan.

2. Lomba Karya Ilmiah adalah program/kegiatan yang dilakukan untuk dapat melatih dan meningkatkan kemampuan serta sikap ilmiah mahasiswa.

3. PLKTIM, PHBD dan PKM adalah kegiatan pengembangan penalaran mahasiswa melalui penulisan karya-karya ilmiah yang diorientasikan pada temuan dari penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa. Kegiatan ini ditujukan untuk mengembangkan kemampuan menemukan karya-karya ilmiah untuk kepentingan pengembangan ilmu, teknologi maupun seni.

4. Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), Pekan Mahasiswa Daerah (PIMDA) dan Karya Alternatif Mahasiswa (KAM) adalah kegiatan kemahasiswaan yang mengembangkan dan mempersiapkan mahasiswa agar memiliki keterampilan tambahan sebagai alternatif untuk profesi yang digelutinya.

PERSENTASE

KOORDINASI 95%
KERJASAMA 74%
SUPPORT 83%

Bidang Minat dan Bakat

DESKRIPSI

quote's

“Perbedaan antara kemenangan dengan kekalahan biasanya adalah tidak menyerah.”

KINERJA

Bidang Minat dan Bakat HMJ Pendidikan Fisika merupakan salah satu bidang yang bergerak dalam bidang akademik maupun non akademik. Tujuannya untuk mewadahi dan sebagai fasilitator yang aktif membantu dalam menggali potensi minat dan bakat Mahasiswa di Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Ganesha. Dengan mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya diharapkan mereka bisa mengembangkan kapabilitas untuk belajar serta berpartisipasi didalam ataupun diluar kegiatan HMJ.

PERSENTASE

KOORDINASI 90%
KERJASAMA 81%
SUPPORT 92%

Bidang Kesejahteraan Mahasiswa

DESKRIPSI

quote's

“Seseorang sedang duduk di bawah naungan hari ini karena seseorang telah menanam pohon sebelumnya sejak lama.” 

KINERJA

Bidang HMJ Pendidikan Fisika yang bergerak untuk mengadvokasi dan memberikan pelayanan terhadap mahasiswa demi mewujudkan kesejahteraan mahasiswa. Sehingga perencanaan awal kerja (raker) sangat dibutuhkan agar tercapainya visi-misi HMJ. Adanya Bidang Kesejahteraan Mahasiwa di HMJ Pendidikan Fisika diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam perwujudan kesejahteraan yang menyangkut finansial sehingga HMJ dapat berkontribusi memberi arti.

PERSENTASE

KOORDINASI 91%
KERJASAMA 70%
SUPPORT 87%

Bidang Multimedia, Social dan Network

DESKRIPSI

quote's

“Pikiran besar membicarakan gagasan; Pikiran menengah membicarakan kejadian; Pikiran kecil membicarakan orang.”

KINERJA

Bidang HMJ Pendidikan Fisika yang bergerak pada bidang multimedia yang berperan dalam mengolah berbagai media yang bermanfaat untuk HMJ, selanjutnya social yang terpusat pada pengabdian di masyarakat dalam bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat yang variatif. Baik masyarakat luar kampus maupun masyarakat dalam kampus, kemudian network berperan aktif dalam menjaga komunikasi didalam maupun diluar HMJ Pendidikan Fisika.

PERSENTASE

KOORDINASI 92%
KERJASAMA 73%
SUPPORT 84%

Bidang Organisasi dan Kepemimpinan

DESKRIPSI

quote's

“Jika Kamu tidak keras kepala, Kamu akan segera menyerah pada percobaan awal. Dan jika Kamu tidak fleksibel, Kamu akan membenturkan kepala di dinding dan Kamu tidak akan melihat solusi lain untuk masalah yang ingin Kamu selesaikan.” 

KINERJA

Bidang HMJ Pendidikan Fisika yang berperan dalam manajemen permasalahan yang muncul dalam organisasi.

PERSENTASE

KOORDINASI 90%
KERJASAMA 69%
SUPPORT 87%