profil

pendidikan fisika

Jurusan Pendidikan Fisika merupakan salah satu jurusan yang berada dibawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Ganesha. Jurusan ini berdiri pada tanggal 23 September 1964. Dibawah naungan jurusan ini terdapat organisasi kemahasiswaan yang bernama Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika, yang dikenal dengan MAFIA (Mahasiswa Fisika) untuk informasi selengkapnya dapat membaca buku profil

visi

Menjadi program studi unggul dalam mengembangkan Ipteks bidang pendidikan fisika berlandaskan falsafah Tri Hita Karana.

misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran kreatif, inovatif, dan humanis secara berkesinambungan untuk mendidik calon pendidik fisika dan peneliti pendidikan fisika yang produktif dan berkarakter;
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang pendidikan fisika yang mendukung pengembangan ipteks dan imtaq yang menyejahterakan;
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk penerapan ipteks secara proporsional dan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

TUJUAN

1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk mendidik calon pendidik fisika dan peneliti pendidikan fisika yang berkualitas serta menghasilkan karya akademik yang berbobot dalam bidang kependidikan.

3. Menciptakan iklim akademik kondusif, kreatif, dan inovatif yangmendukung peningkatan produktivitas dan semangat berkarya segenap sivitas akademika Program studi Pendidikan Fisika FMIPA Undiksha.

5. Membangun dan meningkatkan kerjasama kemitraan mendukung profesi dan pelayanan dengan berbagai instansi dalam maupun luar negeri.

2. Meningkatkan dan mengembangkan sarana dan prasarana laboratorium yang dapat mendukung penyelenggaraan pendidikan/pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat segenap sivitas akademika Program studi Pendidikan Fisika FMIPA Undiksha.

4. Meningkatkan unjuk kerja segenap sivitas akademika Program studi Pendidikan Fisika FMIPA Undiksha dalam bentuk pelayanan pendidikan dan pelatihan, lomba, pe­nerapan hasil-hasil penelitian, program-program pen­di­dikan keahlian, dan program pendidikan berkelanjutan.

PROFIL LULUSAN

1. Pendidik Fisika

  • Pendidik profesional memiliki kemampuan yang tinggi tentang pedagogik dan keilmuan bidang pendidikan fisika didukung oleh kompetensi sosial dan personal yang terterima, kritis, kreatif, inovatif, inspiratif, interaktif, memotivasi, menantang, dan menyenangkan.

2. Peneliti Pendidikan Fisika

  • Peneliti bidang pendidikan dan pembelajaran fisika yang mampu menyusun skrip dan riset tingkat pemula berbasis logika berpikir ilmiah dalam rangka mencari dan menemukan alternatif penyelesaian masalah yang proporsional dan menyejahterakan.