Kegiatan pelatihan kepemimpinan dan soft skill (PKS) Jurusan Pendidikan fisika merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidika Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha setiap tahunnya. Adapun ketua panitia dari PKS tahun 2017 ialah I Wayan Medi Astika (IV). Tujuan dilaksanakannya kegiatan PKS ini untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan dan soft skill mahasiswa khususnya anggota HMJ Jurusan Pendidikan Fisika. Pada tahun ini HMJ Pendidikan Fisika mengusung tema “Pelatihan Kepemimpinan dan Soft Skill Tahun 2017 Membangun Jiwa Pemimpin aktif, berintegritas, dan Bersolidaritas Tinggi”. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yang dimulai hari Sabtu, 22 April 2017 dan dilanjutkan hari Sabtu, 29 April 2017 sampai Minggu, 30 April 2017.

     Sabtu, 22 April 2017 dilaksanakan seminar kepemimpinan dan soft skill sekaligus pembukaan kegiatan PKS Tahun 2017 oleh Ketua Jurusan Pendidikan Fisika. Kegiatan ini bertempat di Ruang Seminar MIPA. Seminar ini diisi oleh tiga pembicara yaitu Prof. Dr. I Wayan Santyasa, M.Si., I Kadek Bondan Noviada, S.Pd., dan Dr. Ida Bagus Putu Mardana, M.Si. Kegiatan seminar diakhiri dengan memberikan kenang-kenangan oleh ketua panitia PKS Tahun 2017 kepada para pembicara.

   Selanjutnya Sabtu, 29 April 2017 dilaksaksanakan kegiatan outbond di Monumen Perjuangan Tri Yudha Sakti, Singaraja. Peserta outbond merupakan mahasiswa semester dua Jurusan Pendidikan Fisika. Instruktur dari outbond ini merupakan kakak-kakak dari UKM Pramuka Rencana Jelantik Jempiring. Antusias dari peserta sudah terlihat dari kegiatan mereka yang tepat waktu dan ketertiban mereka pada saat mendengarkan instruktur. Acara outbond ini diakhiri dengan pengumuman juara dan penyerahan hadiah dari UKM Pramuka Rencana Jelantik Jempiring, dan foto bersama instruktur.

     Hari terakhir yaitu Minggu, 30 April 2017 merupakan kegiatan akhir serangkaian PKS 2017. Kegiatan hari ini dibagi menjadi dua paruh, paruh pertama yaitu kegiatan bertaman yang dinaungi oleh bidang IV. Kegiatan ini diawali dengan senam bersama dan dilanjutkan dengan pertamanan di lapangan HMJ Pendidikan Fisika. Peserta maupun panitia PKS bersama-sama membersihkan dan bertaman sesuai dengan arahan bidang IV. Kemudian paruh kedua yaitu kegiatan bersama yang dinaungi oleh bidang II. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota HMJ Pendidikan Fisika. Melalui kegitan ini diharapkan dapat mempererat hubungan antar anggota HMJ. Kegiatan PKS 2017 ditutup oleh Ketua Jurusan Pendidikan Fisika.

     Adapun pesan yang disampaikan oleh ketua panitia yaitu semoga kegiatan berikutnya bisa lebih bermanfaat untuk generasi selanjutnya dan dapat berguna kedepannya. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk kegiatan selanjutnya agar bisa lebih baik [Medi]

2,813 total views, 2 views today

Categories: Kegiatan